Wednesday, June 2, 2010

Produksi Media DVD Tutorial Penyakit Akar Gada

Banner club root DVD

Memperhatikan pertanian kubis di Indonesia, Departement of Primary Industry (DPI) Victoria Australia melalui ACIAR yang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Bidang Riset Pengembangan Pertanian dan Tanaman Pangan  melakukan  penelitian dan asistensi hingga produksi DVD pencegahan dan penanggulangan penyakit akargada pada tanaman kubis.

Dalam rangka memproduksi DVD interaktif bagi para petani kubis di Indonesia, DPI (Departement of Primary Industries Knoxfield Victoria mengundang Cahyo Mursito, salah satu staff LPTP untuk melakukan kerja produksi DVD Pencegahan dan Pengontrolan Penyakit Akar Gada pada Tanaman Kubis dari 2 hingga 9 Mei 2010.
Dikarenakan waktu yang sangat terbatas maka proses pengerjaan dilakukan secepat mungkin mulai dari tahap pra produksi tahap produksi dan tahap pasca produksi. Pada tahap pra produksi dilakukan penulisan naskah oleh Kus Kuswardiyanto dan Rudolf de Boer, sedangkan untuk proses produksi dilakukan proses shooting di wilayah Victoria, meski sebelumnya proses shooting sudah dilakukan di Indonesia namun dikarenakan banyaknya kebutuhan akan gambar (footage) maka dilakukan pula pengambilan gambar di Australia.
Seperti penuturan Rudolf (Bioprotection Platform, Biosciences Research Division) yang juga sebagai pimpinan produksi bahwa shooting yang dilakukan di Australia khususnya di Victoria bertujuan untuk perbandingan antara cara bertanam para petani di Indonesia dengan petani di Australia. Kurangnya pengetahuan para petani di Indonesia menyebabkan tingginya risiko bibit tanaman terkena penyakit, dalam hal ini penyakkit akar gada pada tanaman kubis. Oleh karena itu pengetahuan dan cara bertanam yang benar sangat dibutuhkan.
“Dengan DVD ini nanti akan dapat memberikan pengetahuan kepada para petani tanaman kubis di Indonesia akan cara bercocok tanam yang baik mulai dari pembibitan hingga perlakuan setelah tanam” tandasnya.
Dalam waktu kurang lebih satu pekan dilakukan pula proses editing guna keperluan draft. Draft editing ini disusun agar supaya alur cerita dan susunan footage bisa dilihat. Sedangkan untuk finalisasi editing dilakukan di Indonesia bertempat di ruang media LPTP Karanganyar.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment